Tahun Baru Imlek 2572

Selamat menyambut tahun baru imlek 2572, Jumat 12 pebruari 2021, kepada umat Tionghoa, semoga keberkahan dan kesehatan diberikan kepada kita semua dalam menyambut tahun baru ini.

Ucapan ini setiap tahun kita ucapkan, nah… Apakah kita tahu maknanya? Sebaiknya jika kita mengucapkannya kepada umat tionghoa ada baiknya kita mengetahui makna perayaan imlek di tanah air. Dicina tidak ada yang menyebutkan perayaan imlek melainkan dengan sebutan chunjie, yang diartikan sebagai ‘ festival menyambut musim semi ‘ dikutip dari Bobo

Tahun Baru China juga bisa disebut sebagai perayaan menyambut musim semi yang hangat. untuk di indonesia penggunaan chunjie tidak tepat karena tidak mengalami 4 musim semi seperti di China, maka dari itu digunakan dengan sebutan perayaan Tahun Baru Imlek. Kata Imlek berasal dari dialek Hokkian yang dalam bahasa mandarin disebut yin li. Yin li berarti lunar calender atau kalender lunar dimana penanggalannya dihitung berdasarkan peredaran bulan. Istilah kata Imlek hanya ada di indonesia, dinegara-negara lain mereka menyebutkan dengan nama dan bahasa mereka masing-masing.

Salam Rahayu #Semeton